Langsung ke konten utama

MetDes Laporan pk 1

Mengenal Tahapan Desain

(METODOLOGI DESIGN)

8 september 2017


Tujuan                        :  Mengidentifikasi tahapan desain dari video                                                              “IDEO The Deep Dive”
Alat                             : Komputer, Media player, speaker
Bahan                         : Video IDEO the Deep Dive
Dasar teori                 : Tahapan Desain adalah tahapan merubah requirement yang masih berupa konsep menjadi spesifikasi system yang riil. Tahapan disain system dapat dibagi menjadi 2 tahap yaitu disain logikal (logical design) dan tahapan disain fisik (Physical Design). Adapun perbedaan dari keduanya dapat dijelaskan sebagai berikut : Logical Design Logical Design adalah bagian dari fase desain dalam SDLC dimana semua fitur-fitur fungsional dari sistem dipilih dari tahapan analisis dideskripsikan terpisah dari platform komputer yang nanti digunakan. Hasil dari tahapan ini adalah : Deskripsi fungsional mengenai data dan proses yang ada dalam sistem baru, Deskripsi yang detail dari spesifikasi sistem meliputi  Input (data apa saja yang menjadi input) , Output (informasi apa saja yang menjadi output) ,Process (prosedur apa saja yang harus dieksekusi untuk mengubah input menjadi output) Tahapan disain logikal biasanya menghasilkan beberapa dokumen diantaranya : dokumen model data, dokumen model proses, rancangan tabel, hirarki antar modul sampai ke desain antar muka dari system yang akan dibuat.

Tugas Praktikum         :
Identifikasi tahapan – tahapan desain yang dilakukan dalam video IDEO The Deep Dive

Hasil Parktikum  :
  • Mengetahui tahapan – tahapan desain
  • Mengetahui permasalahan yang terdapat pada suatu barang
  • Melakukan survey untuk mengembangkan ide yang mereka punya serta untuk menciptakan inovasi baru
  • Melakukan diskusi dan  pengumpulan ide – ide desain
  • Mempresentasikan prototype masing – masing
  • Penggabungan kelebihan dari prototype masing – masing desain yang ada
  • Merealisasikan prototype yang telahdigabungkan
  • Uji lapangan

Kesimpulan Praktikum :
Kesimpulan dari hasil praktikum Tahapan Desain ini adalah saya bisa mengetahui setiap desain memiliki tahapan - tahapan dan disetiap rancangan produk memiliki alasan yang baku  serta memiliki fungsinya masing - masing. Dan mengetahui permasalahan yang terdapat pada suatu barang serta melakukan survey untuk mengembangkan ide yang dipunyai  untuk menciptakan inovasi baru. Dapat menciptakan barang barang yang multi fungsi,safety dan efisien dengan cara memodifikasi dan mengembangkan barang yang telah ada sebelumnya.


Referensi   :  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 PRINSIP ANIMASI

Staging Staging  adalah tahap pengaturan suatu set adegan, posisi kamera atau pose suatu karakter sehingga adegan tersebut menjadi mudah di mengerti oleh penonton. Staging yang baik akan dapat dengan jelas mengkomunikasikan pada penonton mengenai cerita yang ingin disampaikan dari adegan tertentu. Straight Ahead and Pose to Pose Straight ahead action  merupakan pendekatan menciptakan gerakan secara berkesinambungan mulai dari awal tanpa banyak perencanaan akan menjadi seperti apa akhir gerakannya nanti. Gerakan – gerakan yang diciptakan bisa merupakan ide yang spontan serta kreatif dan muncul seiring dengan proses pembuatan gerakan yang dilakukan secara berkesinambungan. Pose to Pose  dilakukan dengan menentukan terlebih dahulu pose – pose seperti apa yang akan dimiliki oleh karakter yang akan dianimasikan pada suatu adegan. Setelah menentukan pose-pose yang akan digunakan, baru dilakukan penghubungan gerakan antar pose yang ada. Metode ini menawarkan perencanaan & kejelasan dalam

Prak 11 - Test Drive Motion Capture System

Ahmad Ryan Niko R. 4103171015 1. Tujuan Mahasiswa mampu membuat animasi 3D menggunakan motion capture system. 2. Alat OptiTrack Motive Body 3. Bahan - tanpa bahan 4. Dasar Teori    Motion capture adalah teknologi yang merekam pergerakan secara realistis                    (nyata)  dari model manusia ke dalam dunia digital dua dimensi atau tiga dimensi.                   Motion  capture ini dibantu oleh software perekaman gerakan sekaligus pengolahan               karakter  dan  digunakan dalam industri film atau animasi.     Di dalam pembuatan film, motion capture berarti merekam aksi dari aktor manusia         untuk menganimasi karakter digital ke model animasi komputer dua dimensi atau tiga             dimensi, termasuk wajah dan jari-jari atau penangkapan ekspresi yang halus, kegiatan           ini biasa dikatakan sebagai performance capture.          Ada dua tipe motion capture yang dikenal dan sering digunakan, yaitu Optical               Motion Ca

Prak 10 - Prototype

1.     TUJUAN Memahami prototype design thinking dalam video. 2.     ALAT Laptop, buku catatan, bulpen, alat komunikasi, internet, smartphone. 3.     BAHAN     : Film Finding Dory.         4.     DASAR TEORI 1. Prototype Tim desain sekarang akan menghasilkan sejumlah versi produk atau fitur spesifik yang tidak mahal dan mudah ditemukan di dalam produk, sehingga mereka dapat menyelidiki solusi masalah yang dihasilkan pada tahap sebelumnya. Prototip dapat dibagi dan diuji di dalam tim itu sendiri, di departemen lain, atau pada sekelompok kecil orang di luar tim desain. Ini adalah fase percobaan, dan tujuannya adalah untuk mengidentifikasi solusi terbaik untuk setiap masalah yang diidentifikasi selama tiga tahap pertama. Solusi diimplementasikan dalam prototipe dan, satu per satu, mereka diselidiki dan diterima, diperbaiki dan diperiksa ulang, atau ditolak berdasarkan pengalaman pengguna. Pada akhir tahap ini, tim desain akan memiliki gagasan yang lebih baik mengenai kendala