Langsung ke konten utama

Prak 09 - Prototype


1.     TUJUAN
Memahami tahap prototype dalam produksi suatu commercial product.

2.     ALAT
Laptop, buku catatan, bulpen, alat komunikasi, internet, smartphone.

3.     BAHAN     :
Video Produksi Pesawat Boeing 747.
       
4.     DASAR TEORI

1. Prototype
Tim desain sekarang akan menghasilkan sejumlah versi produk atau fitur spesifik yang tidak mahal dan mudah ditemukan di dalam produk, sehingga mereka dapat menyelidiki solusi masalah yang dihasilkan pada tahap sebelumnya. Prototip dapat dibagi dan diuji di dalam tim itu sendiri, di departemen lain, atau pada sekelompok kecil orang di luar tim desain. Ini adalah fase percobaan, dan tujuannya adalah untuk mengidentifikasi solusi terbaik untuk setiap masalah yang diidentifikasi selama tiga tahap pertama. Solusi diimplementasikan dalam prototipe dan, satu per satu, mereka diselidiki dan diterima, diperbaiki dan diperiksa ulang, atau ditolak berdasarkan pengalaman pengguna. Pada akhir tahap ini, tim desain akan memiliki gagasan yang lebih baik mengenai kendala yang ada dalam produk, masalah yang ada, dan memiliki perspektif yang lebih baik / lebih tepat tentang bagaimana pengguna sebenarnya akan berperilaku, berpikir, dan merasakan saat berinteraksi. dengan produk akhir.

2. Test
Desainer atau evaluator secara ketat menguji produk lengkap dengan menggunakan solusi terbaik yang diidentifikasi selama fase prototipe. Ini adalah tahap akhir dari model 5 tahap, namun dalam proses yang berulang, hasil yang dihasilkan selama tahap pengujian sering digunakan untuk mendefinisikan kembali satu atau lebih masalah dan menginformasikan pemahaman pengguna, kondisi penggunaan, bagaimana orang berpikir , berperilaku, dan rasakan, dan berempati. Bahkan selama fase ini, perubahan dan penyempurnaan dilakukan untuk menyingkirkan solusi masalah dan mendapatkan pemahaman mendalam tentang produk dan penggunanya.

5.   PETUNJUK PRAKTIKUM
• Kerjakan berkelompok
• Dikejakan di jam teori dan praktikum
• Menyiapkan PPT untuk presentasi dikelas teori
• Setiap sesi praktikum, ditutup dengan laporan praktikum

6.    TUGAS PRAKTIKUM         :
• Mencari video tentang prototype dari suatu produk komersial.
• Membuat PPT tentang Prototype dari 3 Video Documenter

7.   HASIL PRAKTIKUM :

• Prototype :
               
                   1.  Boeing 747 National Geographic Megafactories In HD




 2. National Geographic Megafactories LEGO



8. KESIMPULAN :
• Untuk mencapai produksi massal dari suatu produk maka diperlukan suatu tahap yakni membuat prototype yang biasanya dibarengi dengan tahap tes.

9.     Daftar Pustaka :
• Documentary Nation, Boeing 747 National Geographic Megafactories In HD, [online] diakses tanggal 17-11-2017  https://www.youtube.com/watch?v=Ju-Fj1dgtFE

• Documentary Nation, National Geographic Megafactories LEGO, [online] diakses tanggal 17-11-2017  https://www.youtube.com/watch?v=swC8ZTRxgbQ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 PRINSIP ANIMASI

Staging Staging  adalah tahap pengaturan suatu set adegan, posisi kamera atau pose suatu karakter sehingga adegan tersebut menjadi mudah di mengerti oleh penonton. Staging yang baik akan dapat dengan jelas mengkomunikasikan pada penonton mengenai cerita yang ingin disampaikan dari adegan tertentu. Straight Ahead and Pose to Pose Straight ahead action  merupakan pendekatan menciptakan gerakan secara berkesinambungan mulai dari awal tanpa banyak perencanaan akan menjadi seperti apa akhir gerakannya nanti. Gerakan – gerakan yang diciptakan bisa merupakan ide yang spontan serta kreatif dan muncul seiring dengan proses pembuatan gerakan yang dilakukan secara berkesinambungan. Pose to Pose  dilakukan dengan menentukan terlebih dahulu pose – pose seperti apa yang akan dimiliki oleh karakter yang akan dianimasikan pada suatu adegan. Setelah menentukan pose-pose yang akan digunakan, baru dilakukan penghubungan gerakan antar pose yang ada. Metode ini menawarkan perencanaan & kejelasan dalam

Prak 11 - Test Drive Motion Capture System

Ahmad Ryan Niko R. 4103171015 1. Tujuan Mahasiswa mampu membuat animasi 3D menggunakan motion capture system. 2. Alat OptiTrack Motive Body 3. Bahan - tanpa bahan 4. Dasar Teori    Motion capture adalah teknologi yang merekam pergerakan secara realistis                    (nyata)  dari model manusia ke dalam dunia digital dua dimensi atau tiga dimensi.                   Motion  capture ini dibantu oleh software perekaman gerakan sekaligus pengolahan               karakter  dan  digunakan dalam industri film atau animasi.     Di dalam pembuatan film, motion capture berarti merekam aksi dari aktor manusia         untuk menganimasi karakter digital ke model animasi komputer dua dimensi atau tiga             dimensi, termasuk wajah dan jari-jari atau penangkapan ekspresi yang halus, kegiatan           ini biasa dikatakan sebagai performance capture.          Ada dua tipe motion capture yang dikenal dan sering digunakan, yaitu Optical               Motion Ca

Prak 10 - Prototype

1.     TUJUAN Memahami prototype design thinking dalam video. 2.     ALAT Laptop, buku catatan, bulpen, alat komunikasi, internet, smartphone. 3.     BAHAN     : Film Finding Dory.         4.     DASAR TEORI 1. Prototype Tim desain sekarang akan menghasilkan sejumlah versi produk atau fitur spesifik yang tidak mahal dan mudah ditemukan di dalam produk, sehingga mereka dapat menyelidiki solusi masalah yang dihasilkan pada tahap sebelumnya. Prototip dapat dibagi dan diuji di dalam tim itu sendiri, di departemen lain, atau pada sekelompok kecil orang di luar tim desain. Ini adalah fase percobaan, dan tujuannya adalah untuk mengidentifikasi solusi terbaik untuk setiap masalah yang diidentifikasi selama tiga tahap pertama. Solusi diimplementasikan dalam prototipe dan, satu per satu, mereka diselidiki dan diterima, diperbaiki dan diperiksa ulang, atau ditolak berdasarkan pengalaman pengguna. Pada akhir tahap ini, tim desain akan memiliki gagasan yang lebih baik mengenai kendala