Ahmad Ryan Niko R.
Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.
4103171015
1.
Tujuan
Menerapkan pengalaman
praktikum sebelumnya pada masyarakat sekitar. Studi kasus komunitas-komunitas
di MMB
2.
Alat
- Maxon Cinema 4D
- Adobe After
Effects
3.
Bahan
- Logo komunitas Desgraf (Desain Grafis) di MMB
4.
Dasar Teori
Animasi 3D adalah animasi yang
berwujud 3 dimensi. Meskipun bukan dalam wujud 3D yang sebenarnya, yaitu bukan
sebuah objek 3D yang dapat disentuh dan dirasakan wujud fisiknya, namun dalam
wujud 3D dalam layar kaca. Tidak seperti animasi 2D yang hanya memiliki kedua
dimensi panjang (X) dan lebar (Y), animasi 3D selain memiliki kedua dimensi
tersebut juga memiliki dimensi kedalaman (Z). Animasi 2D bersifat datar atau
flat, sedangkan animasi 3D memiliki kedalaman bentuk atau volume. Animasi 3D
dapat di definisikan sebagai animasi yang dapat dilihat dari berbagai sudut
pandang. Tahapan animasi 3D secara keseluruhan dikerjakan dengan media
komputer, mulai dari tahap modelling, texturing, rigging, animating, lighting,
sampai rendering. Keunggulan utama dari animasi 3D adalah visualisasi objek
yang tampak lebih nyata dan mendekati bentuk aslinya. Keunggulan lain adalah
kemampuannya untuk membuat dan mewujudkan visualisasi adegan yang sulit, yang
tidak mungkin, atau bahkan yang tampaknya mustahil.
Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.
Modeling
Dalam tahapan pertama ini, terdapat dua hal yang mendasar untuk pembuatannya yaitu model solid untuk merincikan volume objek yang akan ditampilkan. Selain itu lebih sering dipakai untuk simulasi medis seperti CAD, kontruksi geometri solid dan sebagainya. Selanjutnya Shell / Boundary yaitu menggambarkan permukaan seperti batas objek. Untuk prosesnya lebih mudah dikerjakan karena lebih sering digunakan dalam game atau film.
Dalam tahapan pertama ini, terdapat dua hal yang mendasar untuk pembuatannya yaitu model solid untuk merincikan volume objek yang akan ditampilkan. Selain itu lebih sering dipakai untuk simulasi medis seperti CAD, kontruksi geometri solid dan sebagainya. Selanjutnya Shell / Boundary yaitu menggambarkan permukaan seperti batas objek. Untuk prosesnya lebih mudah dikerjakan karena lebih sering digunakan dalam game atau film.
Fungsi Secondary Asset
Seconary asset adalah salah satu asset yang akan kita
gunakan pada praktikum kali ini, yang mana berperan sebagai object baru dalam
animasi kali ini tapi bukan merupakan object utama.
Fungsi F-Curves
F-Curves merupakan tool yang kita gunakan pada
praktikum kali ini. F-Curves berguna sebagai tool yang bisa memperhalus
gerakan, yang caranya adalah mengatur gerak cepat lambat dari suatu object.
5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi logo untuk
komunitas di MMB.
6.
Petunjuk Praktikum
- Gunakan
pengalaman-pengalaman praktikum sebelumnya untuk mengerjakan praktikum
ini.
- Kerjakan secara berkelompok. 1
kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
- Masing-masing kelompok menentukan
ketua. Ketua memiliki kewajiban yang sama dengan anggota. Ketua juga
memiliki tugas tambahan untuk menentukan arah, membagi tugas, dan merekap
progress.
- Waktu pengerjaan sebanyak 2
pertemuan yaitu pada minggu ke 6 dan ke 7.
- Laporan praktikum dikumpulkan di
setiap akhir sesi praktikum. Berarti terdapat laporan prak 06 dan laporan
prak 07.
- Laporan praktikum berisi laporan
tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
- Laporan praktikum dikerjakan
secara individu. Berisi progress atau hasil kerja dari masing-masing
anggota tim.
7.
Hasil Praktikum
- Screen Record progres :
Percobaan 1
Dibuat dengan Cinema 4D
Paercobaan 2
Dibuat dengan Adobe After Effects
Hasil Rendering :
8.
Kesimpulan
Pada praktikum kali ini kita diberi tugas untuk membuat animasi 3D logo untuk komunitas yang ada di MMB.Membuat aplikasi logo komunitas animasi logo yang kita buat adalah Desgraf (Desain Grafis). Pada percobaan kedua ini kita sudah dalam tahap memberi effects seperti flare kemudian memberi warna pada backgaround serta memberi text Desgraf. Kemudian kita juga sudah menyelesaikan proses membuat logo komunitas dan sudah merender hasilnya.
9.
Referensi
[1] https://idseducation.com/articles/memahami-lebih-dalam-pengertian-animasi-3d/
[2] https://flashcomindonesia.com/pengertian-dan-teknik-animasi-3-dimensi.html/
[3] http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/
[2] https://flashcomindonesia.com/pengertian-dan-teknik-animasi-3-dimensi.html/
[3] http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/
Komentar
Posting Komentar