Ahmad Ryan Niko R.
4103171015
1. Tujuan
2. Alat
3. Bahan
4. Dasar Teori
Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.
5. Tugas Praktikum
6. Petunjuk Praktikum
8. Kesimpulan
9. Referensi
4103171015
1. Tujuan
Mahasiswa mampu membuat kartu ucapan dengan menggunakan aset 3D.
2. Alat
1.
After
Effects
2.
Cinema
4D
3. Bahan
4. Dasar Teori
Animasi
3D adalah animasi yang berwujud 3 dimensi. Meskipun bukan dalam wujud 3D yang
sebenarnya, yaitu bukan sebuah objek 3D yang dapat disentuh dan dirasakan wujud
fisiknya, namun dalam wujud 3D dalam layar kaca. Tidak seperti animasi 2D yang
hanya memiliki kedua dimensi panjang (X) dan lebar (Y), animasi 3D selain
memiliki kedua dimensi tersebut juga memiliki dimensi kedalaman (Z). Animasi 2D
bersifat datar atau flat, sedangkan animasi 3D memiliki kedalaman bentuk atau
volume. Animasi 3D dapat di definisikan sebagai animasi yang dapat dilihat dari
berbagai sudut pandang. Tahapan animasi 3D secara keseluruhan dikerjakan dengan
media komputer, mulai dari tahap modelling, texturing, rigging, animating,
lighting, sampai rendering. Keunggulan utama dari animasi 3D adalah visualisasi
objek yang tampak lebih nyata dan mendekati bentuk aslinya. Keunggulan lain
adalah kemampuannya untuk membuat dan mewujudkan visualisasi adegan yang sulit,
yang tidak mungkin, atau bahkan yang tampaknya mustahil.
Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film.
Modeling
Dalam tahapan pertama ini, terdapat dua hal yang mendasar untuk pembuatannya yaitu model solid untuk merincikan volume objek yang akan ditampilkan. Selain itu lebih sering dipakai untuk simulasi medis seperti CAD, kontruksi geometri solid dan sebagainya. Selanjutnya Shell / Boundary yaitu menggambarkan permukaan seperti batas objek. Untuk prosesnya lebih mudah dikerjakan karena lebih sering digunakan dalam game atau film.
Dalam tahapan pertama ini, terdapat dua hal yang mendasar untuk pembuatannya yaitu model solid untuk merincikan volume objek yang akan ditampilkan. Selain itu lebih sering dipakai untuk simulasi medis seperti CAD, kontruksi geometri solid dan sebagainya. Selanjutnya Shell / Boundary yaitu menggambarkan permukaan seperti batas objek. Untuk prosesnya lebih mudah dikerjakan karena lebih sering digunakan dalam game atau film.
Fungsi Secondary Asset
Seconary asset adalah salah satu asset yang akan kita gunakan
pada praktikum kali ini, yang mana berperan sebagai object baru dalam animasi
kali ini tapi bukan merupakan object utama.
Fungsi F-Curves
F-Curves merupakan tool yang kita gunakan pada praktikum
kali ini. F-Curves berguna sebagai tool yang bisa memperhalus gerakan, yang
caranya adalah mengatur gerak cepat lambat dari suatu object.
5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi kartu ucapan dengan menggunakan aset 3D
6. Petunjuk Praktikum
1.
Pilih
kartu ucapan referensi
2.
Buat
sketch kartu ucapan
3.
Buat
list 3D model yang diperlukan
4.
Produksi
7. Hasil Praktikum
Mohon maaf karena belum ada hasil
8. Kesimpulan
Pada praktikum ini saya belum bisa mengerjakan karena saya masih bingung mau membuat kartu ucapan seperti. Hal yang saya lakukan adalah masih dalam tahap browsing dan melihat tutorial di youtube. Jujur saja saya masih kesulitan dalam tahap pembuatan aset 3D nya.
Komentar
Posting Komentar